Sabtu, 30 Agustus 2008

Transmigrasi di OKU Selatan

OKUS Buka 1.900 Ha Lahan Transmigrasi Baru 
 
MUARADUA (SINDO) - Untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dari segala bidang sekaligus guna menekan dan mengatasi angka kemiskinan. Pemkab OKU Selatan membuka dua lokasi lahan transmigrasi berlokasi di desa Kuripan Kec Buay Sadang Aji dan desa Mahangin Kec Muaradua dengan total areal seluas 1.900 Ha dengan kapasitas 650 KK warga transmigrasi. 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKU Selatan Asrullah Husir, kepada SINDO kemarin (26/11) mengungkapkan, rencana pembukaan lahan transmigrasi seluas 1.900 hektar tersebut, berawal atas adanya usulan masyarakat melalui kepala desa, yang menginginkan agar dua desa tersebut dapat dijadikan daerah transmigrasi. 
“Lalu dilakukan survey terhadap kedua wilayah tersebut dan hasilnya memang kedua daerah itu layak dijadikan lahan transmigrasi,” jelas Asrullah. 
Menurut Asrullah, kedua lokasi desa tersebut, yakni desa Mahanggin Kec Muaradua seluas 700 hektar dengan peserta 150 kk sedangkan desa Kuripan Kec Buay Sandang Aji seluas 1.200 hektar, dengan peserta sebanyak 500 kepala keluarga (KK).
“Khusus untuk wilayah desa Mahanggin merupakan Transmigrasi lokal pesertanya berasal dari daerah Kabupaten OKU Selatan, dan kini wilayah tersebut sudah bisa ditempati warga. Sebab, sarana dan prasana di wilayah tersebut telah terpenuhi,” jelasnya. 
Sementara untuk desa Kuripan Kec Buay Sandang Aji diproyeksikan pada tahun 2008 mendatang. Sebab, lokasi transmigrasi tersebut dicanangkan sebagai transmikgrasi nasional. Sebab, peserta transmigrasi nantinya berasal dari luar daerah OKU Selatan yakni Jawa Tenggah, hal itu sesuai dengan usulan warga setempat.  
“500 KK di yang di targetkan, 250 kk kita proyeksikan peserta dari luar Kab OKU Selatan sisanya warga OKU Selatan,” tegas Asrullah. 
Asrullah menjelaskan, Program Transmigrasi ini selain bertujuan untuk melakukan penyebaran penduduk dan mengatasi kasu kemiskinan. Ini Juga bertujuan untuk menghilangkan rasa cemburu sosial antara penduduk asli dan pendatang, sehingga diperlukan beberapa penyebaran penduduk juga dilakukan di beberapa dusun atau desa tempat penduduk asli. “Sehingga tahun 2007 ini kita telah membuka dua lokasi diatas areal seluas sekitar 1900 hektar,” katanya. 
Sedangkan untuk wilayah transmikgrasio di desa Kuripan dalam tahap awal, kata Asrullah, akan dijadikan skala prioritas, selain diperuntukan kepada masyarakat OKU Selatan lokasi ini juga diprogramkan untuk masyarakat transmigrasi dari luar daerah.
“Untuk tranmikgrasi desa kuripan telah kita usulkan pengajuan bantuan dana kepada Pemerintah Pusat untuk pembukaan lahan transmigrasi, sebab untuk pembukaan lahan tersebut membutuhkan dana yang sangat besar, namun ditunjang dengan anggaran daerah dan kita berharap ajuan tersebut tersebut disetujui oleh pemerintah pusat,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati OKU Selata, H Muhtadin Sera’I, mengungkapkan, untuk perealisasian program transmikgrasi yang dicanangkan di desa kuripan Kec Buay Sandang Aji pihaknya telah menggajukan usulan pembanguan insprastruktur jalan sebagai salah satu akses pembuka jalan ke wilayah trasmikgrasi. Hal itu, salah satu keseriusan Pemkab OKU Selatan untuk mewujudkan program tersebut. “Bahkan, Pemkab OKU Selatan akan menerima bantuan dari pemerintah pusat melalui Dinas PU OKU Selatan untuk pembanguan jembatan beton yang akan menghubungkan desa Kuripan dengan lainnya,” ungkapnya sembari tidak menyebutkan nominal anggaran dana bantuan tersebut. (ashariansyah)  
 

Tidak ada komentar: